Perjuangan Ekstra Calon Penumpang Kapal Kepulauan Madura , Berangkat Pagi-Bikin Tenda

 

Sumenep, tjahayatimoer.net - Ratusan calon penumpang kapal tujuan Pulau Kangean-Pulau Sapeken memadati area Pelabuhan Kalianget sejak pagi. Mereka berharap segera pulang ke daerahnya. Apalagi mereka juga mendapat kabar jika kapal akan berangkat Jumat (6/1/2023) pagi. Hal itu didukung dengan cuaca cerah dan bagus.
Salah satu calon penumpang tujuan Pulau Kangean mengaku pihaknya tiba di Pelabuhan Kalianget habis subuh. Dia sengaja datang lebih awal agar tidak ketinggalan kapal. Namun rupanya, kapal baru sandar di dermaga menjelang siang sehingga banyak penumpang kepanasan menunggu.

"Tadi malam (Dihubungi) suruh ke sini (Pelabuhan) pukul 5 pagi. Karena kapal akan berangkat pukul 8 pagi. Tapi sampai sekarang belum berangkat," kata salah seorang calon penumpang asal Sapeken saat dikonfirmasi, Hayati.

Namun mereka tetap menunggu kedatangan kapal-kapal yang mengangkut mereka ke pulau-pulau tujuan. Banyaknya calon penumpang yang berdatangan, kondisi pelabuhan membeludak hingga menunggu di luar. Bahkan tampak calon penumpang nekat mendirikan tenda menggunakan kain seadanya karena cuaca panas.

"Ini ada yang buat tenda. Karena di dalam terminal pelabuhan sudah penuh," paparnya.

Sementara itu informasi yang dihimpun wartawan, keberangkatan kapal dipastikan molor lantaran ada perbaikan mesin. Jika sudah tuntas, penumpang akan diberangkatkan.

"Posisi kapal saat ini sedang lego sekitar 2 mil dari dermaga Pelindo ini. Sekarang sudah diujicoba. Sudah diperbaiki di sana. Mungkin satu jam lagi merapat ke sini," kata Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Sumenep Moh. Jakfar kepada wartawan. 

Rencananya, tambah dia, kapal lebih dulu akan menaikkan barang-barang, yang membutuhkan waktu sekitar 5 jam. "Setelah barang dan penumpang dinaikkan, kita berangkatkan (Barang dan penumpang)," terang Jakfar.

Namun hingga pukul 14.30 WIB, kapal pembawa ratusan penumpang dan truk sembako tak kunjung berangkat.

(red.Rz)

Posting Komentar

0 Komentar