Daftar Negara Dengan Militer Terkuat di ASEAN , Peringkat Tersebut Berdasarkan 60 Faktor

  


JAKARTA , tjahayatimoer.net - Salah satu laman pemeringkat militer dunia, Global Firepower telah merilis daftar negara dengan militer terkuat di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN. Peringkat tersebut berdasarkan 60 faktor untuk menentukan skor PowerIndex. 

Faktor untuk menentukan peringkat negara dengan kekuatan militer terkuat 2023 di Asia Tenggara tersebut berdasarkan kekuatan militer, keuangan, hingga kemampuan logistik dan geografi. Indonesia sendiri berada peringkat ke-15 terkuat dunia dari 140 negara.

Posisi tersebut juga menempatkan kekuatan militer Indonesia berada di posisi teratas di kawasan Asia Tenggara. Dengan skor indeks kekuatan militer (power index) 0,2685 poin, Indonesia mampu menyaingi kekuatan militer negara maju.

Terdapat 9 dari 11 negara di Asia Tenggara yang masuk pemeringkatan Global Firepower, berikut daftar 9 negara dengan militer terkuat di Asia Tenggara.

1. Indonesia 

Indonesia tercatat sebagai negara dengan total power indek 0,2221 poin yang menjadikannya terkuat di Asia Tenggara. Kekuatan militer Indonesia tercermin dari jumlah personel militer dan alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang lebih banyak dari negara-nagara di Kawasan Asia Tenggara.

2. Vietnam 

Sama seperti tahun sebelumnya, kekuatan militer Vietnam bertahan di peringkat ke-2 di Asia Tenggara, di bawah Indonesia. Negara ini memiliki skor indeks 0,2855.

3. Thailand

Negara yang belum pernah mengalami pahit getirnya penjajahan, Thailand, berada di peringkat ke-3 dengan skor indeks 0,3738 poin.

4. Singapura 

Meskipun penduduk Singapura tergolong sedikit dengan luas wilayah yang relatif kecil, namun kekuatan militer Singapura tidak bisa dianggap remeh. Data Global Firepower 2023 menempatkan Singapura di peringkat ke-4 di Asia Tenggara dengan skor 0,4613.

5. Filipina 

Salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, Filipina, menempati peringkat ke-5 dengan skor 0,4811.

6. Myanmar 

Peringkat ke-6 ditempati negara yang baru saja dilanda krisis politik, Mynamar, dengan skor indeks sebesar 0,5768.

7. Malaysia 

Negeri Jiran Malaysia menempati peringkat ke-7 dengan indeks skor 0,6189. Pemerintah menganggarkan 3,85 miliar dolar AS untuk memperkuat militer Malaysia.

8. Kamboja

Negeri yang terkenal dengan Genosida mengerikan di masa rezim Khmer Merah, Kamboja, menempati peringkat ke-8 dengan skor 2,1321.

9. Laos 

Peringkat terakhir atau ke-9 ditempati Laos dengan skor power index 2,3168. Anggaran militer Laos tergolong minim, yakni 18 juta dolar AS. Personel militernya terdiri dari 30.000 personel aktif dan 100.000 paramiliter.

(red.la)

Posting Komentar

0 Komentar