Ratusan Pendaftar PPK KPU Kabupaten Blitar Dinyatakan Lolos Tes Tulis.



Blitar, tjahayatimoer.net (09/12/2022) – Tes Tulis bagi calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) Pemilu 2024 telah selesai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar. Hasilnya Sebanyak 330 pelamar dinyatakan lulus tes tulis PPK Pemilu tahun 2024.

“Tes tulis telah selesai kita lakukan dan hasilnya sebanyak 330 pelamar dinyatakan lolos” Kata Muhammad Bahaudin, Komisioner KPU Kabupaten Blitar, Jumat (9/12/2022).

Jumlah pelamar yang mengikuti tes tulis PPK Pemilu tahun 2024 untuk wilayah Kabupaten Blitar adalah berjumlah 524 peserta. Dari jumlah tersebut sebanyak 76 orang memilih tidak hadir dalam tes tulis dengan sistem Computer assisted Test (CAT). 76 tersebut pun dinyatakan tidak gugur dan tidak akan lolos ke tahap seleksi wawancara.

Pelaksanaan tes tulis sendiri digelar selama dua hari yakni tanggal 6 hingga 7 Desember 2022. Hasilnya dari 448 peserta yang ikut dalam tes tulis sebanyak 330 orang dinyatakan lolos seleksi.

330 peserta yang lolos tes tulis tersebut terdiri dari 205 laki-laki dan 125 orang perempuan. Jumlah 125 peserta perempuan tersebut setara dengan 37,8 persen dari total pelamar PPK Pemilu 2024 yang lolos seleksi tulis.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Blitar pun mengapresiasi jumlah peserta perempuan yang lolos tes tulis tersebut. Banyaknya jumlah peserta perempuan yang lolos tes tulis PPK Pemilu tahun 2024 ini diharapkan bisa menjadi representatif dari partisipasi perempuan di pemilu mendatang.

“Dari jumlah perempuan 125 orang ( 37,8%) di hasil seleksi tes tulis PPK ini merupakan gambaran angka partisipasi perempuan yang di harapkan dan semoga sampai proses akhir pendaftaran nanti”. Ujar Bahaudin selaku Komisioner divisi SDM KPU Kabupaten Blitar.

Jumlah 330 peserta yang lolos tes tulis panitia pemilihan kecamatan Pemilu tahun 2024 ini, merupakan 3 kali kebutuhan PPK di Kabupaten Blitar. Nantinya dari 330 peserta tersebut akan dilakukan seleksi wawancara untuk menentukan 110 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) pemilu tahun 2024 mendatang.

“Jumlah 330 tersebut merupakan 3 kali kebutuhan dari PPK Pemilu 2024 wilayah kabupaten Blitar” imbuhnya

Dalam proses penilaiannya, para peserta yang dinyatakan lolos tes tulis ini merupakan yang masuk dalam ranking 15 besar per kecamatan. Apabila ada peserta yang tidak masuk dalam rangking 15 besar, namun nilainya sama dengan peringkat diatasnya maka oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Blitar diberikan kesempatan untuk maju ke tahap wawancara.

“apabila dalam perangkingan terdapat kesamaan nilai seleksi tertulis dari jumlah kebutuhan PPK, maka pelamar yang memiliki nilai sama tersebut dinyatakan lulus seleksi tertulis, seperti yang ada di Kecamatan Garum dan Kesamben” jelas Bahaudin.

Hal itu terjadi di kecamatan Garum dan Kesamben Kabupaten Blitar. Di dua kecamatan tersebut terdapat peserta yang nilainya sama, sehingga Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Blitar memberikan kesempatan kepada para peserta yang nilainya sama tersebut untuk maju ke tahap tes wawancara.

Untuk Kecamatan Garum Kabupaten Blitar terdapat 2 orang yang tidak masuk rangking 15 besar namun tetap lolos ke tahap wawancara. Hal itu terjadi karena nilai 2 peserta tersebut sama dengan peringkat ke 5 dalam tes tulis PPK Pemilu 2024 nya sama. Sehingga jumlah peserta calon anggota PPK Pemilu 2025 yang lolos dari Kecamatan Garum Kabupaten Blitar berjumlah 17 orang.

Kondisi yang sama juga terjadi di Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. Total di Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar ada 17 peserta calon anggota PPK Pemilu 2024 yang dinyatakan lolos seleksi tulis dan akan melaju ke tahapan wawancara.

“Kecamatan Garum dan Kesamben berjumlah 17 orang yang lolos dalam tes tulis karena ada kesamaan nilai Tes Tulis” ungkapnya.

KPU Kabupaten Blitar sendiri akan melakukan tes wawancara pada tanggal 11, 12, 13 Desember 2022. Nantinya dari 15 peserta yang lolos tahapan wawancara, KPU Kabupaten Blitar hanya akan mengambil 10 besar saja. 5 peser yang masuk peringkat 5 akan langsung dilantik menjadi PPK Pemilu 2024, sementara 5 lainnya akan masuk dalam daftar tunggu. (hum.ry)

Posting Komentar

0 Komentar