Pendapa Punden Kepuhrejo Takeran Magetan Ambruk Tertimpa Pohon Raksasa

  


Magetan, tjahayatimoer.net – Sebatang pohon sepreh berlingkar 4 meter dan tinggi 40 meter tumbang usai hujan deras dan angin kencang di Desa Kepuhrejo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Sabtu (31/12/2022) pukul 10.30 WIB.


Pohon itu tumbang menimpa bangunan pendapa punden desa setempat hingga rusak parah, atap dan tembok punden ambruk sebagian. Kerugian diperkirakan mencapai Rp40 juta.


Kasi Humas Polres Magetan AKP Budi Kuncahyo membenarkan kejadian itu. Namun, tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam kejadian itu. Polisi, TNI, BPBD Magetan dibantu masyarakat setempat pun melakukan evakuasi pohon raksasa itu.


“Sekira pukul 10.30 Wib di wilayah Desa Kepuhrejo telah diguyur hujan ringan disertai angin yang mengakibatkan pohon jenis sepreh yang berada di Punden Dusun Tapan RT. 03/01 desa setempat tumbang dan menimpa bangunan punden milik Desa Kepuhrejo,” kata Budi pada beritajatim.com, Sabtu (31/12/2022)


Budi menyebut proses evakuasi berjalan sekitar satu jam. Batang pohon dipotong menjadi beberapa bagian dan puing reruntuhan bangunan juga dibersihkan oleh petugas gabungan bersama warga.


“Batang pohon sudah keropos sehingga tidak mampu menahan atau menopang pohon sehingga roboh menimpa bangunan punden. Pohon yang roboh ini biasa digunakan sebagai ritual bersih desa di bulan Muharram (Syuro) oleh lingkungan masyarakat dusun setempat,” katanya.


Budi menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada cuaca ekstrem agar bisa mengantisipasi adanya potensi bencana. Jika terjadi bencana maka diharapkan sdgera menghubungi petugas kepolisian terdekat atau BPBD Magetan. (Hum.aw)

Posting Komentar

0 Komentar