Jelang Nataru, Harga Kebutuhan Bahan Pokok Merangkak Naik.



KEDIRI, Tjahayatimoer.net (19/12/2022) – Menjelang Natal dan tahun baru (Nataru) harga bahan kebutuhan pokok di Pasar Papar merangkak naik. Kenaikan harga sembako ini dianggap sirkulasi tahunan. Tapi ada pula kenaikan akibat cuaca.

Mendekati Nataru, menurut Karsini, 60, pedagang Pasar Papar, harga sembako selalu naik. Seperti beras bramo misalnya. Semula Rp 10 ribu–Rp 10.500 per kilogram (kg), naik jadi Rp 12 ribu kemarin. Selain beras, harga telur juga mengalami kenaikan. Tembus Rp 29 ribu per kg. “Biasanya telur Rp 22 ribu per kilogramnya,” ujar perempuan yang puluhan tahun berjualan di Pasar Papar itu.

Namun yang menurutnya tak biasa adalah kenaikan harga sayur. Bagi Karsini, kenaikan sayur tidak sama dengan sembako. Rata-rata naiknya Rp 2 ribu per kg. Harga wortel yang biasanya Rp 10 ribu per kg naik jadi Rp 12 ribu.

Kenaikan juga terjadi pada kentang. Biasanya dibanderol Rp 14 ribu per kg jadi Rp 16 ribu. Lonjakan cukup tinggi adalah kubis. Dari Rp 6 ribu sekarang jadi Rp 10 ribu sampai Rp 12 ribu per kg. “Kalau sayuran biasanya karena cuaca. Stoknya kurang, harga pasti naik,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Ketersediaan Distribusi dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri Arba’i  membenarkan kenaikan harga kebutuhan pokok di pasar. “Meski ada kenaikan, stoknya masih aman,” katanya. Dia juga memastikan, kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok itu tidak memengaruhi perilaku konsumen.

(hum.ry)

Posting Komentar

0 Komentar