Gratis! Asyiknya Wisata dan Belajar di Museum Tulungagung Saat Libur Nataru.

 



Tulungagung, tjahayatimoer.net - Libur sekolah biasanya dimanfaatkan para pelajar untuk berwisata ke berbagai destinasi, mulai dari wisata alam hingga buatan. Namun tak ada salahnya jika mencoba berkunjung ke museum, karena dapat menambah ilmu pengetahuan.

Salah satu museum yang layak untuk dikunjungi adalah Museum Daerah Tulungagung yang berada di Jalan Raya Boyolangu, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung. Museum ini menyimpan ratusan koleksi benda-benda arkeologi peninggalan masa kerajaan hingga benda etnografi teknologi pertanian.


"Museum ini memiliki 2018 koleksi, kalau peninggalan masa kerajaan ada arca, uang kuno, sumur hingga bagian bangunan. Sedangkan etnografi ada berbagai peralatan pertanian dan perikanan," kata Juru Pelihara Museum Daerah Tulungagung, Tri Eni Budi Santoso, Selasa (27/12/2022).


Koleksi museum tersebut didapatkan dari temuan di berbagai daerah di Tulungagung. Selain itu beberapa arca peninggalan masa kerajaan tersebut merupakan hasil eskavasi yang dilakukan pada masa pemerintahan Hindia-Belanda.


"Dulunya sebagian koleksi itu ada di Pendapa Tulungagung, sejak zaman Belanda. Kemudian setelah punya museum dipindahkan ke sini," ujarnya.


Di antaranya koleksi museum tersebut terdapat replika tengkorak manusia purba Homo Wajakensis yang fosil aslinya tersimpan di Museum Belanda.


Eni menjelaskan pada musim libur sekolah, museum tetap buka seperti hari-hari biasa. Untuk melihat koleksi benda-benda cagar budaya tersebut, pengunjung bisa datang pada hari Senin sampai dengan Sabtu.


"Kami sangat terbuka untuk siapapun yang mau berkunjung ke museum, kami buka mulai pukul 7.00 WIB sampai 14.00 WIB. Di sini gratis, tidak perlu bayar," jelasnya.


Menurutnya, dengan datang tempat penyimpanan benda cagar budaya tersebut, pengunjung akan mendapatkan berbagai pengetahuan tentang beradaban hingga budaya pada masa lampau.


"Tentu banyak manfaatnya jika berkunjung ke sini, kita bisa tahu peninggalan pada masa kerajaan dan sebagainya. Alhamdulillah pengunjung terus ada, biasanya rombongan," jelasnya.


Pihak museum mengaku siap untuk menyambut para pengunjung di masa liburan sekolah.

[hum.aw]

Posting Komentar

0 Komentar