Awan Panas Semeru Turun Hingga Jembatan Gladak Perak




Malang, tjahayatimoer.net – Gunung Semeru kembali erupsi, Minggu (4/12/2022). Hingga pukul 13.00 wib, luncuran awan panas hingga mencapai kawasan Jembatan Gladak Perak, Lumajang.

Posisi Gladak Perak sendiri adalah akses utama menuju Malang-Lumajang. Jembatan Gladak Perak berada antara perbatasan Candipuro dan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

“Awan panas sudah sampai Gladak Perak. Kami siaga di Gladak perak hari ini, untuk warga sampai siang ini sudah mengungsi ke tempat yang aman. Sebagian mengungsi di SDN 4 Supiturang, Kecamatan Pronojiwo,” ungkap Hori, penjaga Jembatan Gladak Perak yang juga Tim Siaga Bencana BPBD Kabupaten Lumajang, Minggu (4/12/2022) siang ini.



Menurut Hori, awan panas ini disertai guyuran hujan. Sementara jarak Gladak Perak dari lereng Semeru cukup jauh. Jembatan Gladak Perak hancur diterjang erupsi Semeru pada 4 Desember 2021 lalu. Pemerintah kemudian membangun jembatan gantung sebagai akses transportasi darat khusus roda dua saja.

“Kondisi di Gladak Perak saat ini masih cukup aman. Hanya ada awan panas disertai hujan. Sementara banjir lahar dingin tidak ada,” pungkas Hori. [hum.aw]

Posting Komentar

0 Komentar