Potensi Cuan dari Budidaya Lobster Air Tawar

  


Jombang,  tjahayatimoer.net Budidaya lobster air tawar semakin digemari. Perawatan mudah dan untung besar jadi penyebabnya. Seperti yang dilakukan Ali Murtadho, warga Desa Sidowarek, Kecamatan Ngoro.

Di rumahnya, terdapapat 11 kolam terpal dangkal yang jadi tempat pembibitan dan pembesaran hewan jenis crustacea ini. Di kolam itu, ada sejumlah lobster air tawar. ’’Mulai indukan sampai bibit,’’ ucapnya

Ia sudah beberapa tahun menekuninya. Bahkan dia telah memiliki beberapa peternak sebagai mitra. ’’Memeliharan lobster tak terlalu rumit, meski harus tetap telaten,’’ ucapnya.

Media pembesaran dan pembibitan lobster air tawar bisa dilakukan di beberapa tempat. Seperti kolam kayu, terpal maupun semen. Yang penting kondisi air dan oksigennya terjaga. ’’Saya biasanya pakai air sungai. Kalau pakai air sumur atau air tanah, perlu diendapkan dulu 24 jam,’’ jelasnya.

Dengan perawatan rutin dan pemberian pakan tiap hari, dalam tiga bulan lobster kecil sudah mulai bisa dipanen. Harganya pun lumayan. ’’Harga lobster air tawar ini Rp 150 ribu per kilogram. Setiap panen keuntungannya bisa puluhan juta,’’ imbuhnya.

Pasar penjualannya sangat luas. Permintaan lobster air tawar sangat tinggi. Jauh dari kapasitas produksi yang ada. ’’Selain untuk pasar lokal, pasar luar negeri pun sangat besar permintaannya. Jadi sudah pasti laku. Asal barangnya ada,’’ tegasnya.

saking besarnya minat pasar untuk pembibitan dan pemasaran lobster air tawar, Ali Murtadho, kini tengah merintis koperasi. Koperasi ini, nantinya akan menggandeng masyarakat dan peternak lain di Jombang dan sekitarnya.

Ali mengatakan, pangsa pasar lobster air tawarnya kini telah mencapai sejumlah kota besar di pulau Jawa. Bahkan sudah mencapai Batam. Juga sudah menembus luar negeri. ’’Seperti Malaysia, Vietnam dan Singapura,’’ ungkapnya.

Banyaknya pesanan itu, membuatnya kelimpungan. Ali mengaku seringkali tak bisa memenuhi order yang ia dapat. Ia pun  mengandeng petani lobster lain. Bahkan ke depan ia akan mengajak mereka membuat koperasi lobster.

Koperasi akan membantu petani mulai dari pembinaan, pembibitan hingga penjualan lobster air tawar. ’’Koperasi bisa menampung lobster yang dibudidayakan petani kemudian membantu menjualnya,’’ tegasnya (red.lf)

Posting Komentar

0 Komentar