Luapan Sungai Yas Rendam Puluhan Rumah Di Kalibaru Banyuwangi


Banyuwangi, tjahayatimoer.net - Puluhan rumah di Desa Kalibaru Wetan, Kalibaru Banyuwangi terendam banjir. Banjir terjadi karena luapan sungai Yas yang berada di sekitar pemukiman warga.

Hujan lebat pada Kamis (3/11/2022) membuat beberapa rumah di RW 5, RW 6 dan RW 7 Desa Kalibaru Wetan, Kalibaru terendam banjir. Tinggi air setinggi dada orang dewasa.

"Ada 3 RW yang terdampak. Jalan Raung di Desa Kalibaru Wetan sudah kayak sungai. Airnya deras," ujar Rudy Iryanto, relawan Pusdalops Banyuwangi kepada wartawan.

Rudy mengatakan puluhan rumah yang terdampak paling banyak ada di wilayah RW 5 dan RW 7. Sementara RW 6 beberapa rumah saja. Karena lokasi di RW 6 berada di tempat yang lebih tinggi.

"RW 6 hanya sebagian saja yang tergenang banjir. Kalau yang lain sudah tenggelam semua itu. Setinggi dada orang dewasa," tambahnya.

Bahkan kendaraan roda empat dan truk juga sempat terseret arus sungai. Beberapa material dan barang rumah tangga milik warga juga hanyut.

Saat ini, kata Rudy, belum bisa dilakukan pendataan, karena kondisi penerangan di sekitar lokasi padam.

"Listrik mati. Belum bisa didata karena gelap gulita saat ini," tambahnya.

Evakuasi pun sampai saat ini masih dilakukan oleh relawan dan aparat kepolisian serta TNI. Warga dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi. Karena sampai saat ini banjir masih berlangsung.

"Untuk sementara evakuasi dilakukan di jalan raya. Karena kondisi aman di sana. Saat ini polisi, TNI dan relawan sedang melakukan evakuasi lanjutan," pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar