Jokowi Pastikan Warga Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur Dapat Bantuan Uang



Jakarta, tjahayatimoer.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan negara bakal membantu warga yang mengalami kerusakan rumah akibat gempa Cianjur. Bantuan akan diberikan berupa uang.

"Rumah-rumah yang rusak berat, yang rusak ringan, dan yang rusak sedang, pemerintah akan memberikan bantuan," kata Jokowi di sela peninjauan lokasi gempa, Cianjur, Jawa Barat, Senin (22/11/2022).

Jokowi menjelaskan ada bantuan sejumlah uang untuk warga yang rumahnya rusak. Nilainya berkisar Rp 10-50 juta, tergantung kadar kerusakan rumah masing-masing. Berikut rinciannya.

Bantuan untuk rumah rusak akibat gempa Cianjur:
- Rusak berat: Rp 50 juta
- Rusak sedang: Rp 25 juta
- Rusak ringan: Rp 10 juta

Nantinya, rumah-rumah yang hendak dibangun di jalur sesar Cimandiri haruslah berkonstruksi tahan gempa. Dengan demikian, warga yang menghuni rumah tersebut bakal aman.

Jokowi menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban gempa Cianjur. Dia telah memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan SAR Nasional (Basarnas), Kementerian PUPR, TNI, dan Polri, untuk menangani kondisi.

Posting Komentar

0 Komentar