Hujan Deras Guyur Kota Malang, 14 Titik Terendam Banjir



Kota Malang, tjahayatimoer.net - Hujan deras mengguyur Kota Malang sejak siang hingga sore hari pada Kamis (10/11/2022). Intensitas hujan yang cukup tinggi mengakibatkan banjir terjadi di beberapa wilayah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Prayitno mengatakan dari hasil kaji cepat telah ditemukan ada 14 titik yang tersebar di 4 Kecamatan yang kebanjiran.

"Peningkatan intensitas hujan, dibarengi dengan peningkatan debit air di 14 titik lokasi yang menyebabkan adanya genangan air sehingga mengganggu arus lalu lintas dan aktivitas masyarakat sekitar," ujarnya, Kamis (10/11/2022).

Banjir sendiri berlangsung sejak pukul 14.00 WIB hingga 16.00 WIB dengan ketinggian air yang cukup bervariasi, mulai dari 15 cm hingga 60 cm.

Prayitno menyampaikan dari 14 titik tersebut, Jalan Danau Maninjau dan Jalan Danau Toba menjadi lokasi paling parah. Bahkan ketinggian air di 2 titik itu mencapai 50 sampai 60 centimeter.

"Yang nampak sangat tinggi dan sangat drama tadi di daerah Jalan Danau Maninjau dan Jalan Danau Toba. Ketinggian 50-60 centimeter," kata dia.

Dua titik tersebut menjadi lokasi banjir paling parah dikarenakan berada pada wilayah cekungan. Sehingga ketinggian Jalan Danau Maninjau dan Jalan Danau Toba lebih rendah dibandingkan Jalan di sekitarnya.

"Jadi faktor pemicunya karena wilayah itu adalah cekungan. Artinya, ketinggian jalan lebih rendah dibandingkan daerah lain. Terus air ngumpul di satu titik Maninjau dan Toba. Saluran air di situ tidak mampu menampung kiriman air dari daerah barat sama selatan," terang Prayitno.

Dari pantauan awak media di lapangan, untuk banjir di Jalan Danau Toba memang terbilang cukup parah. Bahkan arus air yang terlalu kuat membuat banyak pengendara roda dua terjatuh dan memutuskan menepi hingga banjir surut.

"Tadi saya juga ngecek di situ (Jalan Danau Toba) lihat banyak pengendara terseret arus air sampai mau masuk saluran air. Ini sangat mengkhawatirkan, dan karena rawan saya merekomendasikan kepada DPUPRPK untuk memberikan pengaman di saluran air di wilayah Jalan Danau Toba," tandasnya.

Berikut 14 titik banjir yang terjadi di 4 kecamatan sebagai berikut :
1. Kecamatan Klojen
- Bareng Raya II, Bareng
- Jalan I.R. Rais RW 07, Bareng
- Jalan Galunggung, Gading Kasri
- Jalan Bukit Barisan

2. Kecamatan Blimbing
- Jalan Sebuku, Bunulrejo

3. Kecamatan Sukun
- Jalan Raya Candi, Karangbesuki

4. Kecamatan Kedungkandang
- Jalan Danau Kerinci, Sawojajar
- Jalan Danau Bratan, Sawojajar
- Jalan Danau Ranau, Sawojajar
- Jalan Maninjau Raya, Sawojajar
- Jalan Danau Toba, Sawojajar
- Jalan Raya Sawojajar, Sawojajar
- Jalan Ki Ageng Gribig, Madyopuro
- Jalan Santoso, Cemorokandang.



Posting Komentar

0 Komentar