DLH Resmikan Taman Informasi Sambil Kampanye Anti Sampah Plastik

  



Jombang, tjahayatimoer.net - Taman Informasi  di Jl KH Wahid Hasyim resmi dibuka untuk umum, Minggu (20/11) kemarin. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Mundjidah Wahab, didampingi Wabup Sumrambah dan jajaran Forkopimda Jombang.

”Alhamdulillah Jombang kini tambah lagi tamannya, namanya Taman Informasi,” kata Bupati Mundjidah saat memberikan sambutan.

Bupati menambahkan, sebelumnya sudah ada Taman Kebon Ratu, juga taman bermain anak-anak di alun alun. Selain sebagai wahana edukasi juga ajang untuk berekspresi bagi para pelajar. ”Sekarang panggungnya setiap Minggu selalu diisi dengan kegiatan kegiatan positif. Bedanya di Taman Informasi ini juga ada videotron yang menayangkan program Pemerintah Kabupaten Jombang, juga ada fasilitasi panggung space kecil untuk berekspresi bagi pelajar juga komunitas,” terangnya.

Bupati berharap, seluruh pihak dapat bersama-sama menjaga kebersihan dan ketertiban pada fasilitas umum yang ada. Taman Informasi dapat digunakan secara gratis, namun tetap melalui izin. ”Taman Informasi bisa dimanfaatkan untuk umum dan diprioritaskan sarana edukasi masyarakat saat Car Free Day atau Car Free Night sesuai jadwal,” tambahnya.

Caranya, dengan mengajukan surat permohonan penggunaan Taman Informasi melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang. “Dengan surat itu nanti ada yang bertanggung jawab terhadap keamanan, ketertiban pengelolaan sampah, parkir dan fasiltas umum yang ada,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Jombang, Miftahul Ulum menyampaikan tujuan dari adanya Taman Informasi adalah sebagai taman aktif. “Taman aktif itu taman yang bisa digunakan untuk berinteraksi dan berkegiatan di dalamnya, seperti panggung terbuka seperti ini sambil duduk dan mendapatkan informasi,” ungkap Ulum.

Mengenai laporan untuk menggunakan taman, hanya sekedar untuk mengatur agar tidak bertabrakan jadwal antara satu dengan yang lain. “Dan yang paling penting tidak dipungut biaya,” ungkapnya.

Kegiatan peresmian kemarin, juga dirangkay dengan kegiatan kampanye Perbup No.56/2022 mengenai pembatasan plastik sekali pakai di Kabupaten Jombang. Bupati Mundjidah bersama Wabup Sumrambah membagikan kantong belanja ramah lingkungan kepada pengunjung car free day. Kegiatan kampanye juga menggandeng pegiat lingkungan dari Sanggar Hijau Indonesia serta Saka Kalpataru dari pelajar SMA.

”Pengurangan sampah di Kabupaten Jombang sudah pada angka 13%, yang tentunya bersinergi dengan berbagai pihak khususnya masyarakat dan pegiat lingkungan,” tambah Miftahul Ulum.

Acara disemarakkan dengan hiburan musik keroncong dari SMPN 2 Jombang. Selain Kepala DLH Jombang, sejumlah kepala OPD lain juga turut dalam rombongan bupati. (red.lf)

Posting Komentar

0 Komentar