Bupati Jember Test Ride Mobil Listrik.



Jember, tjahayatimoer.net – Bupati Hendy Siswanto sempat mencoba mobil listrik yang digunakan dalam touring menuju Bali untuk menyambut acara G20, saat rombongan touring itu tiba di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (9/11/2022).

Rombongan touring yang digagas Kementerian Perhubungan ini dalam rangka menyambut pertemuan G20 di Bali sudah menempuh jarak 950 kilometer dari Jakarta.

“Barusan saya sudah coba. Mobilnya Lexus. Rasanya yang enak penumpangnya. Tidak ada suara sama sekali di dalam. Tidak bising sama sekali. Sopirnya jangan mengantuk ya. Naik mobil kan memang tidak boleh mengantuk,” kata Hendy kepada wartawan.

“Mobil ini cenderung bikin (melaju) kencang, karena tidak ada suara sama sekali di dalam. Clear betul. Jadi bahagia sekali kalau naik mobil ini,” tambah Hendy.

Dinas Perhubungan Jember pun sudah mulai memakai sepeda motor listrik. “Kami akan sosialisasikan,” kata Hendy.

Apalagi Sekolah Menengah Kejuruan 02 dan 07 sudah sejak lama membuat sepeda motor listrik. “Cuma belum tersosialisasikan. Itulah kenapa gayung bersambut. Kami bahagia dengan adanya touring ini, biar masyarakat Jember tahu bahwa motor listrik tidak menyulitkan kita. Justru akan menghemat dan bagus untuk anak cucu kita ke depan untuk menuju Wis Wayahe Jember Langit Biru. Jember hemat energi,” kata Hendy.

Hendy berkomitmen akan membangun dua SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) dalam waktu dekat. “Ada support dari teman-teman dibangun secara gratis di Jember, untuk menumbuhkan minat warga. Lokasinya di samping kantor Pemkab Jember dan di GOR (Gelanggang Olahraga Kaliwates), yang gampang dijangkau masyarakat,” katanya.

Selain itu, Hendy juga akan menyurati Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan agar bisa memfasilitasi pembangunan bengkel konversi kendaraan listrik. “Lebih banyak (bengkel) lebih bagus. Saya mau minta minimal lima atau sepuluh. Kami akan bersurat agar Jember diberi prioritas,” katanya.

Hendy memastikan kendaraan-kendaraan dinas Pemkab Jember yang semula berbahan bakar minyak akan dikonversi menjadi kendaraan berbahan bakar listrik. “Bukan hanya mobil, kami sepeda motor punya banyak, dan akan kami coba itu nanti,” katanya.

“Teman-teman DPRD Jember sudah memberi sinyal oke. Siapa lagi kalau bukan kita? Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ini bagian dari stimulan contoh agar masyarakat bisa memakai sepeda motor atau mobil listrik. Ini program pemerintah yang betul-betul berdampak kepada masyarakat,” kata Hendy. (red.Ad)

Posting Komentar

0 Komentar