Stakeholder Banyuwangi Bekerjasama Atasi Banjir-Longsor Di Pesanggaran



Banyuwangi, tjahayatimoer.net - Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi dilanda banjir dan tanah longsor beberapa waktu lalu. Namun berkat kerjasama baik dengan model keroyokan, penanganan banjir hingga bantuan yang disebar ke warga terdampak bisa dilakukan dengan cepat.

Kekompakan kental terlihat dalam kegiatan bhakti sosial yang kesekian kali digelar PT Bumi Suksesindo (PT BSI), Selasa (25/10/2022).

Bersama Polresta, Kodim 0825, Lanal Banyuwangi, Forpimka dan pemerintah desa Se Kecamatan Pesanggaran, mereka keroyokan meringankan beban warga terdampak banjir dan tanah longsor.

Acara yang digelar secara simbolis di aula Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, berlangsung penuh keakraban. Sebelum dilakukan serah terima bantuan paket sembako, masyarakat diajak bercengkerama. Berdialog tentang harapan mereka pasca musibah banjir yang menggenang pemukiman.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Deddy Foury Millewa dalam sambutannya meminta masyarakat untuk bersama-sama melakukan upaya pencegahan banjir. Di antaranya dengan memastikan kelancaran saluran drainase serta tidak membuang sampah apa pun ke aliran sungai.

Tak lupa Deddy juga mengimbau agar warga lebih meningkatkan kewaspadaan di saat terjadi hujan lebat dalam waktu yang lama. Segera melaporkan atau berkoordinasi dengan pemerintah desa atau instansi terkait ketika terindikasi akan terjadi banjir.

Langkah tersebut penting dilakukan guna memastikan informasi yang diterima masyarakat benar-benar valid dan tidak menyesatkan. Mengingat saat terjadi musibah banjir diwilayah Kecamatan Pesanggaran, terindikasi terdapat oknum atau pihak tak bertanggung jawab yang berupaya menyebar informasi menyesatkan.

"Mari kita jaga kekompakan, kerukunan dan kondusifitas keamanan. Agar masyarakat hidup tentram dan produktif," katanya.

Komandan Kodim (Dandim) 0825 Banyuwangi, Letkol Kav Eko Julianto Ramadan dan Komandan Lanal (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori, juga menyampaikan hal senada. Di sisi lain, keduanya mengaku sangat mengapresiasi kepedulian PT BSI kepada masyarakat sekitar.

"Kesigapan dan kepedulian PT BSI saat masyarakat mengalami musibah bencana banjir ini sangat layak diapresiasi," cetus Dandim 0825 Banyuwangi.

Camat Pesanggaran R Agus Mulyono menjelaskan bantuan paket sembako dari PT BSI ini disalurkan kepada masyarakat terdampak banjir di 5 Desa di Kecamatan Pesanggaran. Meliputi Desa Kandangan, Pesanggaran, Sarongan, Sumberagung dan Sumbermulyo.

"In adalah penyaluran bantuan paket sembako yang kesekian kalinya," ucap Agus.

Selain bantuan paket sembako, operator tambang emas anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk, juga menerjunkan alat berat serta sejumlah armada dumptruk. Kesigapan PT BSI ini cukup memudahkan masyarakat saat membersihkan sampah sisa banjir. Terlebih sampah yang menyumbat aliran sungai lebih diominasi sampah pepohonan. Seperti pohon bambu, ranting hingga kayu glondongan.

"Semoga keberadaan PT BSI semakin memberi manfaat untuk percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," cetus Camat Agus.

Sementara itu, Direktur PT BSI, Riyadi Effendy menegaskan, sebagai pelaku investasi pihaknya berkomitmen untuk memberi manfaat kepada masyarakat. Untuk optimalisasi kegiatan, perusahaan pun akan terus berkoordinasi dan menjalin hubungan yang lebih baik dengan masyarakat, stakeholder dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi.

"Meski yang kami berikan tidak seberapa, semoga mampu meringankan beban saudara kita yang baru saja ditimpa musibah banjir," katanya.

Posting Komentar

0 Komentar