Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah Di Dusun Mlaten Sidokepung Sidoarjo



Sidoarjo, tjahayatimoer.net - Hujan deras disertai puting beliung rusak rumah warga di Dusun Mlaten, Desa Sidokepung, Kecamatan Buduran, Sidoarjo. Ada ratusan rumah di 4 rukun tetangga (RT) di dusun itu yang rusak diterjang puting beliung.

Lokasi rumah terdampak puting beliung itu tersebar di RT 22, RT 23, RT 24, dan RT 25 di lingkungan RW 6, Dusun Mlaten.

Warga RT 22, RW 6, Dusun Mlaten Rizal (23) menyebutkan bahwa peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.40 WIB. Puting beliung rata-rata merusak atap rumah warga setempat. Ia menyebutkan setidaknya ada 100-an rumah warga yang terdampak.

"Empat RT ada 100 rumah yang rusak, rata-rata rusaknya pada atap rumah," kata Rizal kepada wartawan, Minggu (23/10/2022).

Ia menjelaskan bahwa pada saat kejadian itu masyarakat ketakutan dan sempat berhamburan keluar rumah berupaya menyelamatkan diri. Namun di luar rumah itu situasi sama-sama tidak menguntungkan.

"Masyarakat pada takut pak, warga sempat berhamburan keluar rumah. Tapi karena banyak genting yang berhamburan masyarakat kembali masuk rumah lagi," ujar Rizal.

Hal yang sama diakui Ida. Peristiwa itu bermula dari mendung hitam pekat di langit dari arah selatan atau sekitar Sidoarjo Kota. Mendung itu berjalan ke Dusun Mlaten hingga terjadi hujan deras disertai angin kencang.

"Atap rumah warga itu berterbangan. Ada genting, seng, termasuk triplek beterbangan sehingga. Warga ketakutan. Ibu-ibu pada nangis semua. Sempat pada keluar mau menyelamatkan diri, tapi akhirnya masuk lagi ke rumah," ujar Ida.

Tidak hanya merusak rumah warga, puting beliung itu juga memutus sejumlah kabel listrik hingga sebagian tampak menjuntai. Akibatnya hingga sekitar pukul 17.30 WIB kawasan Dusun Mlaten gelap gulita karena listrik dipadamkan.

Posting Komentar

0 Komentar