Kebakaran Toko Karpet Jalan Gemblongan Surabaya Berhasil Di Padamkan


Surabaya, tjahayatimoer.net - Kebakaran hebat melanda 2 toko, salah satunya toko karpet, di Jalan Gemblongan dinyatakan telah padam. Tidak ada korban jiwa maupun korban luka akibat kejadian itu. Sejumlah akses yang sempat ditutup selama pemadaman sudah dibuka kembali.

Arus lalu lintas di Jalan Gemblongan mulai dibuka dua lajur untuk umum sekitar pukul 17.20 WIB. Demikian halnya di kawasan Jalan Kramat Gantung.

"Akses jalan Gemblongan boleh dibuka dua lajur, dengan kecepatan menyesuaikan," kata Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Surabaya Dedik Irianto, Minggu (16/10/2022) petang.

Selain itu, di lokasi juga sudah terlihat sejumlah petugas Inafis Polrestabes Surabaya. Mereka akan melakukan proses olah tempat kejadian kebakaran dan mengidentifikasi penyebab kebakaran tersebu

Dedik Irianto memastikan bahwa tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian itu dan kebakaran 2 toko itu tidak sampai merembet ke bangunan lainnya.

"Alhamdulillah sampai saat ini korban dilaporkan nihil (korban jiwa)," ujar Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Surabaya Dedik Irianto, Minggu (16/10/2022).

Petugas pemadam yang mengepung api dari 2 lokasi, ditambah dari atas dengan Bronto Skylift, berhasil melokalisir api tidak sampai merembet ke bangunan lain baik di samping maupun di belakangnya.

"Justru kami tadi khawatir di belakang ada gudang PLN. Sehingga kami bagi petugas di belakang untuk mengkaver agar gudang PLN tidak ikut terbakar. Karena ada BBM, kabel, ada macam-macam," kata Dedik.

Di lokasi kebakaran sejumlah petugas Damkar masih terlihat melakukan pembasahan sisa kebakaran di dua toko. Petugas juga masih melakukan pengecekan di lokasi kebakaran.

Ia menambahkan, toko karpet yang berada di sebelah kanan tidak ikut terimbas. Ia juga memastikan gudang PLN di belakang toko juga dalam kondisi aman. Ada 18 mobil Damkar ditambah satu Bronto Skylift, dibantu 2 kendaraan tangki air dari DLH Surabaya dikerahkan untuk pemadaman.

Dedik enggan menyebutkan dugaan awal penyebab kebakaran itu. Ia menyatakan bahwa pihak kepolisian yang akan melakukan olah TKP.

"Dugaan penyebab (kebakaran) biar nanti pihak kepolisian (yang menyelidiki)," ujar Dedik.

Dinas Damkar Surabaya menerima laporan kebakaran itu pada pukul 15.17 WIB. Dedik mengklaim sekitar 6 menit kemudian petugas sudah tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman.

"Yang terbakar toko karpet ini, merambat ke toko sebelah, toko karpet tapi kosong. Di belakang itu ada ruangan-ruangan juga ikut terimbas. Yang terbakar toko karpet yang ada isinya," ujar Dedik.



Posting Komentar

0 Komentar