Jokowi Datangi Mangkunegara X, Bahas Revitalisasi Pura Mangkunegaran


Kota Solo, tjahayatimoer.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan rombongan mengunjungi Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (16/10). Mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu datang bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju jilid II. Rombongan tiba sekitar pukul 10.30 WIB disambut penguasa Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara X di Pendapa Ageng.

Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir terlihat berbincang santai sambil berdiri di samping pendopo bersama KGPAA Mangkunegara X. Pembicaraan terkait revitalisasi salah satu istana peninggalan dinasti Mataram Islam. KGPAA Mangkunegara X pun berkomitmen untuk melestarikan kebudayaan yang ada di Kadipaten.

"Tadi bicara tentang kebudayaan. Bagaimana kita terus bisa lestarikan, bagaimana kita menjadi bagian perkembangan Kota Solo dan sekitarnya," ujar pria lajang bernama asli Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Bhre juga ingin Mangkunegaran ke depannya memiliki kontribusi untuk masyarakat luas. Tidak hanya untuk masyarakat Solo dan sekitarnya, namun juga masyarakat Indonesia.

"Yang penting kalau menurut saya Mangkunegaran bisa terus hidup dan bisa berkontribusi untuk masyarakat luas," harapnya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan kunjungan Jokowi terkait Revitalisasi Mangkunegaran.

Pemkot Solo dan pemerintah pusat berkomitmen untuk menjadikan Mangkunegaran sebagai salah satu ikon Kota Solo.

"Komitmen kita untuk merawat Mangkunegaran ini sebagai aset. Kalau kita lihat ini sudah sangat asri, sudah sangat bersih, sudah sangat sering dijadikan tempat untuk event event bahkan event internasional. Nanti akan kita dijadikan ikon, salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Solo," jelasnya.

Posting Komentar

0 Komentar