Hebat dan Patut di Acungi Jempol, Pembentukan Profil Pancasila Dalam Kegiatan Tengah Semester di SMPN 1 Gurah

 


Kediri, tjahatimoer.net - Kegiatan tengah semester (KTS) dilakukan selama 4 hari yakni dimulai tanggal 19 hingga 22 Oktober. Selama kegiatan ini kita gunakan untuk membangun profil siswa-siswi SMPN 1 Gurah agar menjadi pribadi dengan profil Pancasila.

 

Profil Pancasila yang dimaksut adalah karakter yang mencirikan sikap Pancasila. Profil Pancasila ini sendiri terdiri dari 6 karakter yakni:

1.Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia

2. Berkebinekaan global

3. Bergotong royong

4. Kreatif

5. Bernalar kritis

6. Mandiri

 

Profil Pelajar Pancasila dikembang melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Projek ini dilakukan selama 4 hari dalam ketiatan tengah semester (KTS) di Sekolah SMPN 1 Gurah.

 

Pertama, pada tanggal 19 Oktober 2022 SMPN 1 Gurah melakukan kegiatan pemilihan Ketua OSIS. Dengan adanya kegiatan pemilihan Ketua OSIS diharapkan jika siswa-siswi di SMPN 1 Gurah dapat memberikan suara yang Demokratis serta dapat membangun karakter yang Demokratis.

 

“Kami membuat acara ini guna membangun Profil Pelajar Pancasila yakni profil demokratis” ungkap Bapak Fadli selaku Kepala Sekolah.

 

Tanggal 20 Oktober diadakan lomba senam kreasi, kegiatan ini dilakukan guna mengembangkan profil siswa-siswi akan kretifitas serta bergotonh royong.

 

Pada tanggal 21 Oktober dilakukannya kegiatan memperingati hari maulid Nabi SAW, yakni setiap siswa-siswi SMPN 1 Gurah membawa bekal sesuai dengan kemampuan masing-masing. Setelah itu bekal akan dikumpulkan menjadi 1 dan akan dibagikan secara acak. Kegiatan ini dilakukan guna untuk membangun sifat saling peduli dengan sesame serta mengingat akan ketaqwaan dan keimanan.

 


Yang terakhir yakni tanggal 22 Oktober 2022 diadakannya kegiatan pokok. Kegiatan pokok ini terdiri dari 2 projek.

 

Pertama yakni diadakannya kegiatan bersih-bersih kingkungan, guna membangun serta mengembangkan akhlak mulia terhadap lingkungan.

 

Yang kedua yakni di adakannya kegiatan edukasi gunauntuk mengembangkan karakter siswa-siswi untuk cinta terhadap tanah air. Melalui edukasi ini siswa-siswi akan mempelajari tentang peninggalan-peninggalan yang ada di Indonesia, sejarah-sejarah yang ada di Indonesia, budaya-budaya yang ada di Indonesia serta intelektual.

 

Kita membuat 2 kelompok untuk kegiatan edukasi ini, yang pertama yaitu kelompok yang akan ikut ke Yogyakarta dan 1 kelompok lainnya adalah kelompok yang ikut di wilayah sekitar. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan kemampuan siswa-siswi SMPN 1 Gurah.

 

Kegiatan ini dilakukan guna mengembangkan karakter siswa-siswi SMPN 1 Gurah agar siswa-siswi dapat mengembangkan kreatifitas serta menalar kritis. Kegiatan ini dilakuka dengan cara setia siswa-siswi diharuskan untuk membuat laporan perjalanan, geografi, dan sejarah tempat yang akan dikunjungi. Laporan ini akan menjadi sebuah laporan edukasi.

 

“Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini diharapkan dapat membangun profil Pancasila kepada siswa-siswi SMPN 1 Gurah”, ucap Bapak Fadli selaku Kepala Sekolah.

 

“Di SMPN 1 Gurah pun diadakannya pemutaran lagu Indonesia Raya tepat pukul 07.00 WIB. Pada saat pemutaran lagu Indonesia Raya ini,diwajibkan bagi siswa-siswi serta guru SMPN 1 Gurah untuk berdiri siap dengan sikap sempurna”, ungkap Bapak Fadli selaku Kepala Sekolah.

 

“Masih banyak lagi projek atau kegiatan yang ada di SMPN 1 Gurah yang dilakukan, guna untuk membangun profil pelajar Pancasila”, lanjutnya.

 

Harapannya, dengan dilakukannya kegiatan ini dapat mengembangkan profil pelajar Pancasila bagi siswa-siswi SMPN 1 Gurah, yakni ketaqwaan, keimanan, akhlak mulia, peduli sesama, kreatifitas serta bergotong royong.

 

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat mengembangkan profil pelajar Pancasila yakni bertaqwa, keimanan, akhlak mulia, peduli sesama, kreatifitas serta bergotong royong” pungkas Bapak Fadli selaku Kepala Sekolah.

Posting Komentar

0 Komentar