2 Korban Tertimbun di Gang Barjo Bogor Masi Dalam Pencarian dan 1 Ditemukan Tewas

  


Bogor, tjahayatimoer.net - Tim SAR gabungan melanjutkan proses evakuasi tiga orang yang masih tertimbun di lokasi longsor Gang Barjo, Bogor Tengah, Kota Bogor. Satu korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

"Alhamdulillah satu jenazah sudah ditemukan, ini laki-laki atas nama Iwan. Sekarang dibawa ke RSUD Kota Bogor," kata Wali Kota Bogor Bima Arya di lokasi longsor, Jumat (14/10/2022).

Hingga saat ini, tersisa dua korban yang masih tertimbun longsoran. Pencarian keduanya akan dilanjutkan kembali usai salat Jumat.

"Masih ada dua orang lagi yang belum dievakuasi, kelamin perempuan yang titik lokasinya sudah diidentifikasi," kata Bima.

Iwan merupakan salah satu dari delapan korban yang tertimbun longsor pada Rabu (12/10) sore. Dua korban lainnya yakni, Cici (57) dan Dini (54). Ketiga korban punya hubungan kekeluargaan yang terdiri dari ibu, anak, dan ipar.

Pada awal kejadian, korban tertimbun berjumlah 8 orang. Sebanyak 4 orang berhasil dievakuasi dalam kindisi selamat tak lama setelah kejadian, 1 orang dievakuasi dalam kondisi meninggal dan 3 lainnya masih dalam pencarian atau tertimbun.

Pencarian korban longsor dilanjutkan pada hari ketiga usai kejadian. Tim SAR berfokus pada titik-titik yang sudah diidentifikasi.

"Iya kita lanjutkan hari ini, sudah berlangsung. Tim mulai pencarian di titik-titik yang kemarin sempat dicurigai adanya posisi korban. Masih, masih upaya maksimal," kata Kepala BPBD Kota Bogor Thefilo Patricinio Freitas.

Pantauan di lokasi longsor, sejumlah petugas SAR gabungan saat ini masih mencari posisi ketiga korban yang masih tertimbun di Gang Barjo, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Pencarian dilakukan secara manual menggunakan alat-alat khusus milik tim SAR. Penggalian juga dilakukan dengan cara penyemprotan di titik-titik dicurigai. Saat ini, petugas nampak berfokus pada salah satu titik di lokasi timbunan longsor.

Tim SAR menyebut, ketebalan material longsor yang diduga menimbun korban mencapai 3 meter. Kondisi ini menjadi salah satu kendala dalam proses evakuasi korban selama 3 hari ini.

"Kendala saat ini karena ke dalam timbunan longsor ini sampai tiga meter dan terdapat bahan material (batu) yang banyak, jadi butuh banyak tenaga yang ekstra dna juga peralatan yang mendukung untuk buka akses ke sumber bau itu," kata Kasiops Basarnas Jakarta Agung Priambodo ditemui di lokasi longsor.

Agung menyebut, dari upaya pencarian yang dilakukan hari ini, ditemukan dua area yang dicurigai keberadaan korban tertimbun. Tercium bau diduga dari tubuh korban di dua area dicurigai tersebut.

"Dari usaha yang kita lakukan, ada dua lokasi yang kita curigai, sudah ada petunjuk, tercium bau-bau (diduga dari tubuh korban tertimbun). Kita terus melakukan penggalian di dua titik yang kita curigai tersebut," kata Agung yang juga jadi Ketua tim pencarian ketiga korban longsor.

"Kalau dari keterangan warga itu, dua titik yang kita curigai itu di bawahnya itu dulunya adalah ruang kamar dan ruang dapur. Berdasarkan informasi memang ada korban yang saat kejadian itu ada di dalam kamar dan ada di ruang dapur," tambahnya. (red.dl)

Posting Komentar

0 Komentar