Wagub Jatim Mengungkapkan, Sebanyak 1,3 Juta Lulusan SMA dan Sarjana di Jatim Menganggur


Surabaya, tjahayatimoer.net - Tingkat pengangguran tenaga produktif harus menjadi perhatian bersama. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengungkapkan saat ini pengangguran usia muda angkanya semakin meningkat. Menurutnya banyak dari anak muda yang cenderung lebih memilih-milih pekerjaan.


”22,41 persen penduduk usia muda di Jawa Timur menganggur, pengangguran usia muda di Republik Indonesia tertinggi di ASEAN dengan pendidikan sarjana atau SMA,” ungkapnya seperti dikutip Radar Surabaya, Senin (5/9).


Saat ini di Jawa Timur ada sekitar 6,1 juta warga yang tergolong dalam kelompok usia produktif lulusan SMA dan Sarjana, jadi total ada sekitar 1,3 juta penduduk usia muda di Jatim yang menganggur.


Menghadapi hal itu, mantan Bupati Trenggalek ini mengatakan Pemprov Jatim melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan daya saing SDM melalui peningkatan produktivitas. Seperti pelibatan industri dalam pengembangan vokasi, peningkatan relevansi dan daya saing pendidikan menengah, serta penguasaan adopsi teknologi dan menciptakan inovasi.


”Ini akan sangat berkontribusi jika banyak perguruan tinggi yang mampu membaca tren saat ini dan melakukan inisiasi-inisiasi keilmuan baru yang relevan dengan tantangan saat ini,” jelasnya.


Lebih lanjut Emil mengatakan revolusi industri 4.0 menuntut semua orang untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan utamanya terkait digitalisasi serta teknologi informasi dan komunikasi. Hal demikian, menurut Emil, secara perlahan akan menggeser sejumlah pekerjaan yang ada saat ini.


”Disruption ini menyebabkan sekitar 78 persen pekerjaan bisa tergantikan 69 persen data processing tergantikan. Maka kita harus bisa menangkap profesi baru augmented reality, big data analisis, robot automations, simulasi, integrasi sistem internet of thing, cloud computing, additive manufacturing dan sebagainya,” terangnya. (red.hr)

Posting Komentar

0 Komentar