Pemdes Mlirip di Mojokerto Bikin Tumpeng Merah Putih Setinggi 2 Meter Sebagai Wujud Syukur


Mojokerto, tjahayatimoer.net – Tumpeng Merah Putih setinggi 2 meter dibuat Pemerintah Desa (Pemdes) Mlirip, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (3/9/2022). Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk wujud rasa syukur kepada Allah SWT dengan apa yang telah dicapai oleh Desa Mlirip.


Tumpeng Merah Putih setinggi 2 meter tersebut dipersiapkan Ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Mlirip. Tumpeng tersebut setidaknya menghabiskan 50 kg beras dengan pewarna merah yang terbuat dari buah naga seberat 1,5 kg. 


Tumpeng tersebut dirangkai di Balai Desa Mlirip oleh Ibu-ibu PKK Desa Mlirip. Berbagai lauk dan sayur juga disiapkan sebagai pelengkap tumpeng. Seperti telur rebus, ayam opor, ayam bumbu rujak, urap-urap sayur, sayur tahu tempe dan tak lupa tulisan HUT RI ke 77 dari cabai merah.


Tak lupa, buah melon jenis golden melon disajikan sebagai pencuci mulut. Buah melon ini merupakan hasil budidaya Desa Mlirip. etelah penganugrahan pemenang Lomba K3 (Kebersihan, Keindahan dan Kerapian), masyarakat yang hadir makan tumpeng Merah Putih setinggi 2 meter tersebut. 



Kepala Desa (Kades) Mlirip, Purwanto mengatakan, malam tasyakuran digelar sebagai puncak acara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 77. “Rangkaian kegiatan di Desa Mlirip selama 17 hari, mulai lomba-lomba, senam, bazar dan pada malam hari ini merupakan puncak acara,” ungkapnya.


Masih kata Kades, ada tiga hal menjadi alasan digelarnya acara tersebut. Yakni Desa Mlirip menjadi desa Bersih, Indah dan Nyaman (Beriman). Desa Mlirip menciptakan televisi desa yang digunakan sebagai sarana komunikasi, informasi kepada masyarakat atas semua kegiatan pemdes, kebijakan yang bisa tersampaikan kepada masyarakat.


“Ketiga, malam ini kami memberikan penganugerahan kepada RT terbaik, terbersih. Malam hari ini, semua elemen masyarakat yang tergabung dalam lembaga kemasyarakatan mulai dari Karang Taruna, RT, RW, tokoh masyarakat, PKK, LPM, BPD, semua hadir pada malam puncak ini,” katanya. 


Semua masyarakat Desa Mlirip ikut serta dalam program desa untuk mewujudkan Mlirp yang adil, mandiri dan sejahtera. Semua potensi yang ada di Desa Mlirip di support dan kebijakan yang ada di desa juga diharapkan bisa dilaksanakan masyarakat sehingga tujuan bisa tercapai.


“Dalam malam puncak tersebut, kami membuat tumpeng Merah Putih setinggi 2 meter sebagai tanda Desa Mlirip ingin menjadi desa yang produktif, kreatif dan inovatif,” tegasnya. (red.hr)

Posting Komentar

0 Komentar