Sering Diguyur Hujan Deras, Beberapa Rumah Warga di Kecamatan Munjungan Trenggalek Terkena Tanah Longsor


Trenggalek, tjahayatimoer.net - Wilayah Kabupaten Trenggalek akhir-akhir ini sering diguyur hujan deras. Akibatnya, tanah longsor terjadi di berbagai kecamatan yang ada di Trenggalek, Minggu (26/06/2022).


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek, melaporkan, salah satunya tanah longsor di Kecamatan Munjungan. Akibatnya, lima rumah warga Munjungan tertimpa tanah longsor.Tanah longsor itu terjadi pukul 01.00 WIB, Jumat, 24 Juni 2022. Awalnya, pada Kamis, 23 Juni 2022, mulai pukul 13.00 – 06.00 WIB, wilayah Kecamatan Munjungan diguyur hujan deras.


“Wilayah Kec. Munjungan di guyur hujan intensitas sedang – tinggi yang mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik,” tulis BPBD Trenggalek.Berikut daftar titik lokasi tanah longsor di Kecamatan Munjungan:

RT 49 RW 12, Dusun Gembes, Desa Masaran, Kecamatan Munjungan. Dinding rumah Bapak Sukidi tertimpa material longsor.

RT 16 RW 11, Dusun Krajan, Desa Craken Kecamatan Munjungan. Dinding rumah Bapak Isnandi tertimpa material longsor.

RT 18 RW 05, Dusun Gentungan, Desa Craken, Kecamatan Munjungan. Dinding rumah Bapak Tukiman tertimpa material longsor.

RT 13 RW 04, Dusun Gentungan, Desa Craken, Kecamatan Munjungan. Dinding rumah Bapak Muhroji tertimpa material longsor.

RT 16 RW 06, Desa Bangun, Kecamatan Munjungan. Dinding rumah Bapak Sukatmo jebol.


Merespons bencana tanah longsor itu, BPBD Trenggalek bersama TNI, Polri, Perangkat Desa Banjar dan masyarakat melakukan cek lokasi dan kerja bakti membersihkan material longsor. BPBD Trenggalek menyampaikan, tidak ada korban jiwa dari bencana tanah longsor itu.Tri Puspita Sari, Sekretaris BPBD Trenggalek, mengimbau kepada warga Trenggalek yang bertempat tinggal di pegunungan yang berdampingan dengan tebing yang rawan tanah longsor.


"tetap waspada, jika ada guyuran hujan yang deras lebih baik berlindung dari tempat yang aman. Dan bagi pengguna jalan di pegunungan lebih baik mengurangi aktivitas keluar rumah dengan kendaraan saat hujan deras. Tingkatkan kewaspadaan apabila terjadi longsor susulan,” ujar Tri. (red.yun)

Posting Komentar

0 Komentar