Rentetan Penangkapan Tokoh Khilafatul Muslimin: Dari Lampung hingga Jatim



Jakarta, tjahayatimoer.net - Pihak kepolisian melakukan penangkapan terhadap anggota kelompok Khilafatul Muslimin di sejumlah daerah. Para tersangka ini ditangkap dari Lampung hingga Jawa Timur (Jatim).

Terbaru, Polda Metro Jaya diketahui menangkap dua tersangka yang merupakan tokoh penting di Khilafatul Muslimin. Sedangkan tiga tersangka lainnya ditangkap oleh Polda Jateng dan satu tersangka oleh Polda Jatim.

"Pertama dari Polda Jateng tiga tersangka, kemudian Polda Metro Jaya satu orang, untuk Polda Jatim satu tersangka tadi malam udah ditangkap," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Markas Brimob, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/6/2022).

Dedi Prasetyo mengatakan kegiatan Khilafatul Muslimin ini melawan hukum

"Perlu kami tegaskan juga siapa pun tidak boleh melawan hukum di negara ini, itulah mengapa beberapa saat yang lalu Kapolda Metro Jaya membentuk tim dalam rangka untuk melakukan penyelidikan mengumpulkan alat bukti kemudian melakukan perkara dan hari ini melakukan upaya paksa penangkapan di Bandar Lampung," kata Dei dalam keterangannya, Selasa (7/6).

Dedi menjelaskan, agenda konvoi Khilafatul Muslimin tertulis dalam website mereka, buletin bulanan, serta tindakan nyata di lapangan. Dedi menyebut di web site Khilafatul Muslimin juga menyatakan khilafah yang bisa memakmurkan bumi dan menyejahterakan umat.

Polri menilai kegiatan konvoi Khilafatul Muslimin menyebarkan keonaran yang berpotensi makar. Sebab, kelompok tersebut menyebarkan selebaran berupa maklumat serta nasihat dan imbauan.

"Diketahui bahwa konvoi tersebut membagikan brosur atau selebaran tentang ajakan kepada umat Islam, khususnya Kabupaten Brebes, untuk mengikuti ideologi khilafah," tambahnya. (red.nv)


Posting Komentar

0 Komentar