Kota Malang Raih Merdeka Award 2022 Kategori Inisiatif Digital


Malang, tjahayatimoer.net - Kota Malang meraih penghargaan Merdeka Award dalam kategori Inisiatif Digital yang digagas Emtek Grup bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Koperasi dan UMKM. Penghargaan diterima langsung oleh Wali Kota Malang, Sutiaji, di Gedung Smesco Jakarta, Kamis (23/6/2022).


Sejumlah inovasi Kota Malang yang berhasil mendapat apresiasi di antaranya Job Fair Active, Sam Gepunbasa, Redivet, serta layanan pengaduan SAMBAT. Dalam menerima penghargaan ini, Sutiaji didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muhammad Nur Widianto dan Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Dony Sandito.


“Semoga ajang ini mampu menjadi jembatan bagi spirit merdeka bangsa dalam berbagai dimensi,” kata Sutiaji, ditulis Jumat (24/6/2022).


Sutiaji menyampaikan terima kasih atas kepercayaan serta penghargaan ini. Dia menyatakan pemanfaatan teknologi informasi serta digitalisasi dalam pelayanan publik maupun penyelenggaraan pemerintahan merupakan satu keniscayaan dan menjadi komitmen kuat Pemerintah Kota Malang.


“Berbagai inovasi digital yang dikembangkan semata untuk memberi kemudahan warga dan mengakselerasi percepatan pembangunan, serta bangkitnya ekonomi daerah,” ujar Sutiaji.


Sejauh ini Pemkot Malang telah mengembangkan berbagai aplikasi sebagai wujud aktualisasi digitalisasi layanan publik serta Smart City. Tidak hanya untuk kebutuhan masyarakat namun juga menyasar layanan hewan peliharaan, seperti pada aplikasi Redivet (Rekam Medis Veteriner).


Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo Nyoman Adhiarna, menyambut baik Merdeka Award. Dia menilai penghargaan ini dapat menginspirasi generasi muda untuk memanfaatkan teknologi digital dalam mendorong kemajuan literasi dan kecakapan digital.


“Semoga program ini bisa mendorong lebih banyak lagi lahirnya tokoh-tokoh seperti yang muncul di panggung ini,” tandasnya. (hum.red)

Posting Komentar

0 Komentar