Kesiapan Pelaksanaan FOR Prov di Situbondo, Sudah Mencapai 90 Persen

 


Situbondo, tjahayatioer.net - Menjelang Pelaksanaan Pekan Olah Raga Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Situbondo yang saat ini ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Porprov ke VII, panitia telah melakukan persiapan secara matang. Hingga saat ini, kesiapannya  sudah mencapai 90 persen. Sabtu (11/6/2022). 


Wakil Ketua Panitia Besar POR Prov Situbondo, Hj. Tutik Margiyanti mengatakan terkait penyelenggaraan POR Prov Jawa Timur yang ke VII tahun 2022 ini, Kabupaten Situbondo sebagai salah satu tuan rumah. 


Dalam pelaksaan FOR Prov Jatim ini akan digelar  mulai tanggal 26 Juni hingga 03 Juli 2022, di empat Kabupaten yakni Kabupaten Lumajang, Jember, Bondowoso dan Kabupaten Situbondo. "grand openingnya nanti akan digelar di Kabupaten Jember," kata Hj. Tutik Margiyanti. 


Kemudian untuk penutupanya atau closing ceremony  bertempat di Kabupaten Lumajang. Untuk Kabupaten Situbondo sendiri diberi kepercayaan sebagai tempat penyelenggaraan 13 jenis cabang olah raga yang akan dipertandingkan. 


Dari 13 jenis cabor tersebut, akan ditempatkan di 10 titik, khusus cabor  Hoki Outdoor, Hoki indoor, Hoki pantai itu dijadikan satu federasi atau satu cabor dan juga untuk cabor  angkat berat dan bina raga. 


"Artinya dari lima cabang olahraga dijadikan dua Federasi atau dua cabor.  Sedangkan Untuk cabor yang lain federasinya satu satu," terang Tutik Margiyanti.


Dari 10 tempat yang akan ditempati pertandingan, salah satunya adalah Alun alun kota akan ditempati cabor petanque, untuk Stadion Gelora Muhammad Saleh akan ditempati cabor hoki outdoor, dan untuk cabor angkat berat, angkat besi dan binaraga akan ditempatkan di Auditorium SMPN 1 Situbondo, terangnya.


Kemudian untuk Gedung Olah Raga (GOR);Serbaguna akan ditempati pertandingan Yudo, dan untuk cabang olah raga anggar akan ditempatkan di Gedung PGRI, sedangkan cabang olah raga indoor pertandingannyan bertempat di SSC Kotakan. 


Untuk wilayah barat tempat yang dipilih oleh Provinsi yaitu Big Polres depannya hotel Sansui disana akan ditempati cabor Hoki pantai, dan untuk cabor selam tempatnya di pantai pasir putih, kemudian diujung paling barat water sport itu akan ditempati tiga pertandingan, yakni panjat tebing, volli pantai sama renang, ucap Tutik. 


Yang jelas dalam kegiata POR Prov ini, kita bersama KONI Situbondo sudah membagi tugas." Untuk  Disparpora mempersiapkan venue venue sedangkan KONI mempersiapkan atlelit yang akan bertanding, " tutur Tutik


Sedangkan untuk atletik yang akan berlaga dalam POR Prov 2022 itu jumlahnya sebanyak 303 atletik yang dibagi di 4 Kabupaten, sedangkan atletik yang akan berlaga di Kabupaten Situbondo sendiri jumlahnya sekitar 87, dan Untuk sisanya akan dipertandingkan di tiga Kabupaten kota, tuturnya. 


Kata Hj Tutik, venue venue yang ditempati pertandingan FOR Prov opsinya dari kita kepada Provinsi. Jadi proses untuk venue venue ini sudah dirancang sejak satu tahun yang lalu, dan venue itu sudah disesuaikan dengan cabang olah raga yang akan dipertandingkan, sedangkan  penetapannya itu semuanya dari pihak Provinsi. 


Perhelatan ini sebenarnya gawenya Provinsi Jawa Timur, agar ada sebaran Provinsi menempatkan FOR Prov ini di Kabupaten Kota, pada tahun sebelumnya ditempatkan di Wilker Bojonegoro sekarang gilirarannya Wilker Jember. 


Kenapa ditempatkan dimasing masing Kota, tidak ditempatkan di Provinsi tujuannya agar Pemerintah Kabupaten ini ada sebaran tiga sukses,"sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses perekonomian," tegas Tutik Margiyanti. 


Dengan hadirnya para atletik, offisial, seporter ke sebuah Kabupaten, tentu ini akan menghadirkan banyak wisatawan dan banyak masyarakat. Moment ini harus benar benar ditangkap karena pengaruhnya sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat, yang Kabupatennya di tempati, seperti Situbondo sekarang ini, tegasnnya. 


kemudian terkait masalah ijin dan semua kebutuhan lainnya itu semua sudah dikoordinasikan sebelumnya kepada provinsi. 


Untuk maskotnya sudah kita louncing pada maret lalu, selanjutnya pada tanggal 14 Juni 2022, maskot untuk provinsi yakni Cak Bekisar juga akan dilounching. 


“Untuk persiapan atlet, sarana prasarana semuanya sudah kami siapkan. Intinya untuk pelaksanaan POR Prov di Situbondo, persiapannya sudah disiapkan secara maksimal,” ungkap mantan Kepala Cipra Karya. (hum.en)

Posting Komentar

0 Komentar