Dinkes Tulungagung Temukan Susu Berbelatung, Sidak Toko Retail dan Grosir Makanan

 

Tulungagung, tjahayatimoer.net - Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah toko retail dan grosis makanan. Hasilnya, Dinkes Tulungagung menemukan susu berbelatung dan 6 dus makanan rusak di gudang toko grosir makanan.

Kasi Farmasi dan Perbekalan Dinkes Tulungagung, Masduki mengatakan sidak dilakukan di empat toko ritel dan grosir makanan yang ada di wilayah Kabupaten Tulungagung. Petugas melakukan pengecekan standar keamanan produk, mulai dari kadaluwarsa produk sampai dengan keamanan produk. Saat menyisir sejumlah etalase dan gudang, petugas menemukan adanya sarang tikus dan kemasan makanan yang terkena gigitan tikus. Petugas juga mencium bau tidak sedap dari susu UHT yang pecah hingga berbelatung.
 
Dinas Kesehatan sudah berulangkali memberikan teguran kepada pusat grosir dan toko modern ini agar menerapkan penyimpanan produk dengan baik sesuai standard.
 
Mendapati hal tersebut, Dinkes Tulungagung melakukan pendataan serta pembinaan terhadap pengelola ritel dan grosir. Para pedangang berulangkali diberikan teguran dan diingatkan untuk menjual produk yang aman, layak untuk dijual serta dikonsumsi masyarakat.
 
Selain melakukan sidak produk makanan dan minuman saat Ramadhan dan jelang Lebaran, Dinas Kesehatan juga melakukan sosialisasi penarikan produk makanan cokelat dari seluruh display. Hal ini sebagai tindak lanjut adanya perintah dari BPOM dan Kemenkes terkait kandungan Salmonella pada produk makanan cokelat. (hum.af) 

Posting Komentar

0 Komentar