Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Kota Kediri Sigap Turunkan Tim Bersihkan Sungai Parung Kaliombo


Kediri, tjahayatimoer.net - Diperkirakan dengan datangnya musim penghujan yang terjadi selama bulan Januari hingga Mei 2022, maka Petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kediri terus melakukan kegiatan membersihkan aliran sungai di wilayah Kota Kediri dalam mengantisipasi banjir. Saat ini yang sudah dilakukan normalisasi ada 11 titik sungai salah satunya adalah Sungai Parung Kaliombo. Kamis (07/4/2022)


Kepala Bidang SDA (Sumber Daya Air) Dinas PUPR Kota Kediri Meri Oktavia Sulaiman, S.T. M.M., mengatakan kegiatan normalisasi ini dilakukan sejak awal Januari. Kegiatan rutin ini sudah terencana dan dilakukan di beberapa titik sungai yang ada di Kota Kediri. 


"Kami akan rutinkan tim untuk membersihkan aliran sungai. Yang jelas sudah terencana hingga bulan Mei. Ada 6 petugas yang kita terjunkan di setiap titik normalisasi. Tiap titik rata-rata membutuhkan waktu 12 hari dalam pengerjaannya," terangnya

Masih kata Kabid SDA mengatakan, sejumlah tim diturunkan untuk membersihan titik-titik aliran sungai. Pembersihan dilakukan secara manual. 


"Normalisasi sungai ini dilakukan secara manual. Kita bersihkan sedimen, sisa-sisa batang kayu yang menghambat sungai dan rumput yang ada di pinggir sungai. Kita lakukan secara rutin agar saat hujan deras nanti aliran dari drainase Kota yang mengalir ke sungai bisa lancar," imbuhnya 


Meski sudah dilakukan normalisasi pihaknya akan terus melakukan pemantauan. Bahkan, titik-titik yang rawan banjir akan dilakukan normalisasi secara rutin tiga bulan sekali.


Ia juga mengimbau masyarakat Kota Kediri untuk tidak membuang sampah di aliran sungai. Ia meminta warga terlibat dalam menjaga kebersihan sungai dari sampah. (red.can)

Posting Komentar

0 Komentar