Aksi Penipuan di Toko Kosmetik Gurah Kediri, Modus Pasang Cctv



Kediri, tjahayatimoer.net - Modus akan memasang kamera Cctv, penipu memperdaya karyawan toko dan berhasil membawa kabur uang satu juta rupiah. Aksi penipuan tersebut terjadi di toko kosmetik berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Desa Gurah Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri.


Henneta karyawan toko menjelaskan, awalnya Minggu (20/02/2022) sekitar jam 13.00 WIB ada seorang laki-laki mengaku Bernama Han datang ke toko. Laki-laki tersebut bermaksud mencari pemilik toko. Karena pemilik toko tidak ditempat, maka ditemui Henneta. Han berdalih sudah janjian dengan pemilik toko untuk memasang perangkat kamera Cctv di bagian depan toko.
 
Untuk meyakinkan Henneta, Han berpura-pura menghubungi pemilik toko dengan HP pribadinya. Seakan-akan pimpinan toko menyetujui pemasangan Cctv. Untuk lebih meyakinkan lagi, Han minta kertas dan pulpen untuk merinci peralatan Cctv yang dibutuhkan termasuk harganya.
 
Setelah dirinci, total mencapai satu juta rupiah. Uang tersebut selanjutnya akan dibelanjakan peralatan Cctv. Tanpa pikir panjang, Henneta langsung memberikan uang satu juta kepada Han. Setelah menerima uang, pelaku langsung pergi meninggalkan toko dengan jalan kaki. Sebelum pergi, pelaku berjanji akan datang lagi sore hari, untuk bertemu dengan pemilik toko.
 
Untuk memastikan tentang pemasangan Cctv tersebut, sekitar jam 14.00 WIB, Henneta menghubungi pimpinan toko melalui WA. Ternyata pimpinan toko tidak pernah melakukan order pemasangan Cctv. Karena di toko kosmetik tersebut sudah ada tiga unit Cctv. Dua Cctv terpasang di dalam toko dan satu unit di teras toko.
 
Dari kejadian tersebut, Henneta langsung melaporkan kasus penipuan ke Polsek Gurah. Menindaklanjuti  laporan korban, anggota Unit Reskrim Polsek Gurah langsung melakukan olah TKP. Termasuk memeriksa rekaman Cctv yang terpasang di dalam toko tersebut. (red)

Posting Komentar

0 Komentar