Pokdarwis Pancar Wonotirto Gayam Kediri, Butuh Dukungan dari Pemerintah Setempat

 


Kediri, tjhayatimoer.net - Apa itu Pokdarwis dan siapa sajakah mereka ? Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah lembaga yang didirikan oleh warga desa yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi berkembangnya kepariwisataan di wilayah Desa mereka serta mewujudkan Sapta Pesona. Kepariwisataan ini diharapkan bakal meningkatkan pembagunan Daerah dan memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk warga setempat.

 

Warga sekitar Kabupaten Kediri yang sedang mencari tempat wisata edukasi bersama keluarga bisa coba kunjungi wisata Air Pancar Wonotirto. Berlokasi di Dusun Wonokasihan Desa Gayam Kecamatan Gurah Kab. Kediri. Dekat dengan Kelurahan Gayam, Jalan Raya dan Polindes Gayam.

 

Pancar Wonotirto merupakan sungai dangkal yang disulap menjadi sebuah tempat wisata. Pengunjung yang datang bisa langsung bermain air di sekitar kawasan tersebut, tidak perlu khawatir soal anak kecil karena aliran airnya terbilang cukup tenang. Namun harus tetap waspada karena tidak hanya sedikit bebatuan yang ada di sungai.

 

Adapun fasilitas yang disiapkan untuk pengunjung wisata yaitu, taman anak-anak, lahan parkir, gazebo, kolam pemancingan serta pengunjung dapat berkuliner makanan khas Kediri dengan menikmati alam sekitar.

 

Didalam wisata Pancar Wonotirto juga banyak berbagai macam spot foto, antara lain jembatan bambu dengan hiasan payung warna-warni, ornamen becak di tengah air yang menjadi spot favorit para kaum milenial. Dengan suasana yang asri dan teduh menambah kesan eksotis, karena adanya pohon bambu berderetan mengelilingi objek wisata ini.

Berkat ide kreatif semua unsur lembaga Desa yang dibantu oleh Kepala Desa Gayam, maka jadilah wisata Pancar Wonotirto. Harapannya dengan adanya wisata ini dapat meningkatkan ekonomi warga Desa.

Dengan adanya wisata Pancar Wonotirto di Desa Gayam Gurah Kab. Kediri tersebut, dan salah satu yang ikut andil didalamnya adalah Pokdarwis. Pokdarwis dan Pemerintah Desa berharap mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten melalui Dinas DPMD dan Pariwisata untuk saling berbagi informasi dan berita, sehingga setiap ada info bisa segera di share kepada umum, selain hal tersebut beritanya pun bisa dipertanggungjawabkan. Dengan ini dapat berkerjasama dan menguntungkan kedua belah pihak untuk bersinergi dalam membangun pariwisata yang ada di Kabupaten Kediri untuk bisa menjadi lebih baik dari pada sebelumnya, bersama pasti kita bisa. (red.af)

Posting Komentar

0 Komentar